Senin, 08 Desember 2008

alat pemadam api ringan

alat pemadam api ringan atau yang biasa disebut APAR merupakan salah satu sarana yang cukup penting untuk disediakan dirumah.
beberapa hari yang lalu, saya bersama beberapa rekan mengikuti pelatihan fire fighting dengan menggunakan peralatan ini, dan hasilnya setelah kami prkatekkan sangat ampuh untuk memadamkan api asalkan sesuai dengan jenis apar dan kapasitasnya.
semisal kebakaran karena liquid hanya bisa menggunakan apar kelas A untuk memadamkannya. untuk kebakaran kayu, kertas dan non logam harus menggunakan kelas B untuk memadamkannya.
untuk kebakaran listrik hanya kelas C yang bisa memadamkannya.
demikian untuk kelas D untuk memadamkan kebakaran logam.
dan kelas K untuk kebakaran didapur, semisal kebakaran minyak goreng sehingga minyak goreng bisa di gunakan untuk memasak kembali dan makanan yang digoreng bisa di konsumsi.

selain pembagian kelas bahan bakar, material apar harus juga sesuai, misal CO2 sangat efektif untuk ruangan yang tertutup, dan cocok untuk kebakaran karena listrik sehingga sang pemadam tidak tersengat listrik yang merembet dari meaterial apar.
purple K dry powder bisa efective di segala tempat dan untuk hampir keseluruhan kebakaran.
foam tidak cocok untuk kebakaran listrik karna bisa menghantar listrik, cocok untuk kebakaran karna liquid.

untuk itu, sebaikknya di rumah kita sediakan apar minimal jenis dry powder yang cukup efective hampir di semua area dan jenis kebakaran awal di rumah untuk mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan.
bersambung.......

Tidak ada komentar: